a a a a a a a
Optimisme | LIFE INSPIRATION | Chilla World
BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Optimisme

Optimisme
Tokoh dalam sejarah yang terkenal memiliki optimisme yang tinggi adalah Nelson Mandela. Ia ditangkap dan dihukum penjara seumur hidup karena aktivitasnya yang menentang rezim apartheid. Namun, selama 27 tahun penahanannya, ia tidak pernah kehilangan keyakinan bahwa perjuangan untuk keadilan dan kesetaraan di Afrika Selatan akan berhasil. Dalam kondisi yang sulit di penjara, dia memimpin para tahanan politik lainnya untuk tetap teguh dan tidak menyerah pada perjuangan mereka. Puncak dari optimisme Mandela datang pada tahun 1990, ketika Pemerintah Afrika Selatan akhirnya melepaskan dia dari penjara. Meskipun menghabiskan hampir tiga dekade di belakang jeruji besi, ia justru memilih jalur perdamaian dan rekonsiliasi untuk membangun negara yang lebih baik, bekerja keras menyatukan masyarakat yang pernah terpecah oleh perbedaan ras.

Penelitian-penelitian mengenai psikologi positif membuktikan bahwa para pesimis biasanya berumur lebih pendek daripada optimis. Ini disebabkan para pesimis lebih rentan terhadap stres dan akibatnya meningkatkan level kortisol yang menyerang sel tubuh yang penting bagi imunitas kita. Akibatnya, kemampuan tubuh untuk berjuang melawan penyakit pun menjadi lemah. Sebaliknya, para optimis memiliki produksi hormon dopamin yang lebih tinggi yang dapat membuat mereka lebih bahagia dan termotivasi. Dopamin ibarat pemantik api di mesin mobil yang merangsang pembakaran.

Dalam menggapai kegagalan, seorang pesimis cenderung menyalahkan dirinya sendiri yang semakin membuatnya terpuruk. Sementara itu, seorang optimis berusaha untuk melihat alasan di balik kegagalan dan pelajaran yang dapat dipetik dari situasi tersebut untuk membuat langkah yang lebih baik di kemudian hari.

Optimisme dapat menumbuhkan kualitas lain, seperti kreativitas, kekuatan pemecahan masalah, dan memengaruhi kerja tim. Pemimpin yang optimistis berfokus pada bagaimana menginspirasi, pengikutnya untuk mencapai sasaran yang senantiasa lebih besar dari sebelumnya.

Menurut John Medina, ahli biologi molekular, sikap positif akan mengawetkan kerja otak karena sikap optimistis bekerja seperti otot. Semakin banyak dilatih akan semakin kuat.

# Kemuliaan terbesar dalam hidup tidak terletak pada keberhasilan kita untuk tidak jatuh, tetapi bangkit setiap kali jatuh - Nelson Mandela
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back