a a a a a a a
Leader | LIFE INSPIRATION | Chilla World
BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Leader

Leader
Leader merupakan orang yang memimpin dan mengarahkan suatu kelompok dalam organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Seorang leader harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat, memotivasi dan menginspirasi anggota tim, serta mampu menyelesaikan konflik yang mungkin timbul diantara anggota tim. Sebagai seorang pemimpin, terdapat beberapa kualifikasi yang harus dimiliki.

Seperti memiliki visi yang jelas dan terarah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan efektif, baik itu memberikan arahan atau dalam mendengarkan masukan dari anggota tim nya, memiliki kemampuan dalam mengambil risiko dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya.

Kemampuan lain yang diperlukan seorang leader adalah kemampuan beradaptasi terhadap perubahan yang seringkali terjadi, mengidentifikasi tantangan dan perubahan yang terjadi dan meresponnya dengan cepat dan efektif. Di dalam dunia usaha dan pemerintahan banyak leader-leader yang masuk dalam kategori good leader. Mereka mempunyai kemampuan dalam memimpin, mengorganisasikan, mengarahkan dan memastikan agar tugas dan tujuan tercapai dengan baik sesuai dengan waktunya. Mereka mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan di saat yang sulit sekalipun, dapat dipercaya, berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang yang dipimpinnya dan tidak kurang pentingnya “tahan banting”.

Melebihi good leader adalah great leader. Banyak tokoh dunia adalah great leader.

Berbeda dengan good leader, great leader tidak sekadar memimpin untuk mencapai tujuan, tetapi memberi inspirasi dan memberdayakan orang-orang yang dipimpinnya agar berkembang sesuai dengan kemampuan dirinya. Di Amerika Serikat salah satu great leader adalah Abraham Lincoln. Sejak kecil di sekolah murid-murid sudah diperkenalkan dengan Abraham Lincolnn, salah seorang presiden Amerika Serikat yang tidak dapat menerima perbudakan manusia oleh manusia dan karenanya menghapuskan perbudakan di negaranya. Keputusannya tidak diterima oleh banyak daerah sehingga terjadilah perang saudara. Presiden Lincoln memenangkan perang tersebut, perbudakan dihapuskan tetapi beberapa waktu kemudian presiden Lincoln ditembak oleh orang yang menentangnya sehingga tewas. Namanya dikenang dalam sejarah sebagai seorang besar, seorang great leader yang mencintai sesama manusia dan membebaskan budak-budak yang sebelumnya hidup menderita tersiksa tanpa punya hak apa-apa.

Di sisi lain terdapat juga bad leader. Dalam sejarah banyak terdapat bad leader, yang paling “bad” barangkali adalah Hitler. Ia adalah seorang orator yang hebat, seorang pembicara yang dapat memukau pendengarnya sehingga menjadi pengikutnya. Ia beranggapan bahwa bangsa nya adalah bangsa yang terbaik dan bangsa lain tidak setara dengan bangsanya.
Ia menyebabkan kematian jutaan orang karena keyakinan nya itu, karena itulah ia dianggap sebagai bad leader yang terburuk. Bad leader adalah pemimpin yang tidak efektif yang menciptakan kondisi stres dan toxic. Penyebabnya adalah karena memiliki sikap yang buruk, ketiadaan keinginan melayani dan tidak berpegang pada norma moral.

# Leaders become great, not because of their power, but because of their ability to empower others - John Maxwell
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back